Juli 24, 2022

5 Tips Menghadapi Pertanyaan Jebakan

 


1. Apa Kelebihan

Sampaikan hal-hal positif yang berhubungan dengan pekerjaan. Perusahaan tidak ingin tahu tentang Anda, orang sabar atau pemaaf dan lainnya bla bla bla. Anda bisa menceritakan kelebihan Anda dengan memulai kisah sukses Anda dalam menyelesaikan krisis di kantor terlebih dahulu. Intinya, saat menceritakan kelebihan Anda, jangan teoretis, tetapi praktikkan agar pewawancara tahu bahwa Anda bukan sekadar cerita manis.

2. Berapa Gaji yang Diharapkan

Ketika Anda pindah ke perusahaan baru, tentu saja, Anda mengharapkan keadaan menjadi lebih baik daripada di tempat lama. Hal ini wajar dan setiap orang tentunya juga mengharapkan hal yang sama. Pewawancara juga tahu, hanya saja dia ingin Anda meyakinkannya bahwa Anda berhak atas jumlah yang Anda minta. Anda dapat menekankan pengalaman dan kualifikasi yang Anda miliki dan lamanya Anda berada di lapangan. Jadi Anda layak diganjar dengan nominal tersebut.

3. Mengapa Kami Harus Menerima

Ini adalah pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh pewawancara kepada orang yang diwawancarai. Yang Anda butuhkan adalah kepercayaan diri yang tinggi. Jangan merasa tidak aman. Sebenarnya pewawancara ingin menguji seberapa besar kepercayaan diri Anda saat mengajukan pertanyaan ini.

4.  Respon Pertanyaan yang tidak sesuai dengan Background

Suatu ketika saat wawancara kerja, kamu yang notabene berlatar belakang pendidikan sastra, diberi pertanyaan tentang marketing. Kebetulan sekali kamu belum pernah mempelajari bidang marketing sebelumnya. Ketimbang menjawab dan menanggapi pertanyaan tentang marketing dengan setengah hati, kamu bisa lho meresponnya dengan antusias. Saya belum pernah mempelajari soal marketing sebelumnya. Akan tetapi saya siap dengan segala tantangannya jika diizinkan bergabung dengan divisi ini.

Merespon dengan kalimat tersebut jauh lebih mencerminkan semangat kerja yang tinggi dan bisa menarik hati sang pewawancara untuk mempertimbangkanmu.

5. Tetap Percaya Diri

Apabila kamu dihadapkan pada pertanyaan sulit, kamu bisa lho menyiasatinya dengan menatap langsung mata sang penanya. Kemudian, biarkan dirimu mengambil jeda sejenak untuk berpikir. Siasat seperti ini akan membantumu menenangkan diri dan beradaptasi dengan keadaan. Dengan begitu kamu akan dinilai sebagai pribadi yang percaya diri, berpengetahuan, dan mampu mengontrol diri.

Baca juga Tips Loker lainnya

Previous Post
Next Post