Juli 23, 2022

5 Tips Memilih Pakaian Wawancara Kerja yang Baik


1. Kemeja adalah pakaian saat wawancara yang memberikan kesan formal. Tersedia berbagai pilihan kaos. Anda bisa memilih kemeja berbahan katun, sifon, atau bahkan sutra. Buka kancing bagian atas kemeja, karena akan memberikan kesan simpel, namun tetap formal. Hindari memakai baju yang terlalu ketat, dan terkesan seksi. Kemeja yang Anda kenakan harus nyaman. Untuk memberikan kesan formal, hindari menggunakan kemeja dengan motif yang terlalu meriah seperti sedang ke pesta.

Sebaiknya, gunakan kemeja dengan warna polos, motif garis, atau motif batik sebagai pilihan busana saat wawancara.

2. Hindari memakai jeans saat wawancara kerja karena jeans mengurangi kesan formal dan profesional. Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang kreatif dan media, mungkin tidak peduli jika karyawannya menggunakan celana kain.


3. Sepatu adalah bagian yang sangat penting dari pakaian untuk wawancara kerja.

Kenakan sepatu yang menutupi seluruh kaki. Hindari menggunakan sepatu yang biasanya digunakan untuk jalan-jalan atau olahraga, sandal, atau sepatu futsal.


4. Perhatikan rambut dan riasan

Rambut merupakan hal yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan sebelum wawancara. Pastikan rambut Anda tersisir rapi. Untuk pria, Anda bisa menggunakan gel rambut atau pomade untuk menjaga rambut tetap rapi dan rapi dalam waktu lama. Bagi wanita, tidak ada salahnya menata rambut agar terlihat lebih rapi, Anda juga bisa mengikatnya.

Untuk penampilan yang lebih segar, pastikan wajah Anda dalam keadaan bersih. Anda dapat membawa kertas wajah jika wajah Anda berminyak.

Untuk wanita bisa menggunakan make-up atau make-up, tapi ingat, jangan berlebihan. Cukup tipiskan agar terlihat segar. Usahakan datang lebih awal dari jadwal wawancara, agar kamu bisa merenung dan memastikan penampilanmu tetap rapi.


5. baju untuk wanita berhijab

Di atas, kami telah membahas tips memilih pakaian wawancara kerja yang baik. Nah, bagi Anda yang berhijab, berikut beberapa tips tambahan yang bisa Anda coba:

Gunakan bahan celana atau rok. Pilih model rok yang sesuai dengan suasana wawancara kerja.

Pilih hijab yang netral, pastel, atau senada dengan busana yang akan Anda kenakan.

Gunakan blazer atau cardigan untuk dipadukan dengan blus atau kemeja untuk menambah kesan formal. Pilih gaya hijab yang rapi dan tidak berlebihan

Baca juga Tips Loker lainnya

Previous Post
Next Post