Juli 23, 2022

Tips wawancara dengan jawaban yang efektif

 


Surat lamaran kerja yang optimis tidak selalu menunjukkan bahwa orang tersebut juga optimis seperti yang tertulis didalam surat lamaran. Begitu pewawancara menanyakan hal-hal sederhana, seperti “Ceritakan tentang diri Anda dalam beberapa kalimat,” banyak pertanyaan tergagap. Yang sering terjadi adalah memberikan jawaban yang diminta, tetapi malah harus mengatakan, "Ah, saya orang biasa."

Selama ini banyak tips konvensional yang disarankan agar orang memilih saat menghadapi wawancara kerja, dalam upaya mencuri simpati pewawancara. Namun, waktu telah berubah. Jawaban yang terlalu sederhana dan terlalu basi hanya menunjukkan bahwa Anda benar-benar tidak percaya pada diri sendiri. Perusahaan saat ini tidak membutuhkan karyawan seperti itu.

Yang dibutuhkan sekarang adalah jawaban taktis, jawaban yang menunjukkan siapa Anda dan apakah Anda layak bergabung dengan perusahaan yang Anda lamar. Berikut adalah contoh jawaban taktis, ketika Anda diminta untuk memberi tahu diri sendiri.

“Saya zenita, anak sulung dari tiga bersaudara. Sejak SMA, saya aktif di organisasi sekolah. Di sana saya menulis, mewawancarai orang-orang di sekitar saya dan berhubungan dengan mereka. Dari situ saya menyadari betapa menariknya bisa bertemu banyak orang, berkreasi dan belajar banyak hal dari mereka. Saya juga menikmati musik, membaca dan bepergian. Ketika saya masih kuliah, saya sering menulis tentang pengalaman perjalanan saya, atau sekadar referensi kaset terlaris untuk koran kampus saya.”

Terlepas dari jawaban yang berbunga-bunga, wawancara menunjukkan bahwa dia terbuka, ramah, dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Dengan kata lain, itu adalah jawaban yang cukup cerdas dan untuk menggambarkan bagaimana orang yang bersangkutan secara efektif menyatakan bahwa dia merasa pantas untuk ditempatkan pada posisi yang dia incar. Wawancara membutuhkan jawaban seperti itu – cukup singkat, tetapi menunjukkan optimisme yang dibuat-buat.

Kesimpulannya, jika Anda dipanggil untuk wawancara, persiapkan diri Anda sebaik mungkin. Keyakinan dan menunjukkan bahwa Anda adalah diri Anda sendiri adalah yang terpenting. Pewawancara tidak membutuhkan jawaban yang berbunga-bunga, berapi-api, dan munafik. Pada kesempatan pertama, mereka biasanya ingin melihat bagaimana menghargai diri mereka sendiri.

Baca juga Tips Loker lainnya

Previous Post
Next Post