April 04, 2023

Cara Daftar Tokopedia Affiliate dan Dapatkan Penghasilan Tambahan!

Cara Daftar Tokopedia Affiliate dan Dapatkan Penghasilan Tambahan!

Tokopedia Affiliate Program adalah sebuah program dimana kamu akan mendapatkan komisi untuk setiap produk Tokopedia yang terjual dengan membagikan link produk yang di generate melalui Tokopedia Affiliate platform ke media sosial-mu seperti Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, website, dan situs publik lainnya. Untuk syarat mengikuti Tokopedia Affiliate Program kamu hanya perlu punya akun Tokopedia & aktif di media sosial, tanpa minimum jumlah pengikut.

Cara mendaftar menjadi affiliate

Untuk mendaftar, kamu bisa langsung daftar melalui platform Affiliate yang ada di Aplikasi Tokopedia atau mengunjungi laman affiliate.tokopedia.com

1. Buka aplikasi Tokopedia, dan klik “Semua kategori”

2. Selanjutnya, akan muncul page baru yang menampilkan beberapa menu. Dari sekian menu, pilih “Tokopedia Affiliate”

3. Selanjutnya akan muncul page yang berisi informasi akun Tokopedia Anda. Jika Anda sudah memiliki akun, Anda tinggal klik “Daftar Sekarang”. Jika belum, Anda akan diarahkan untuk mendaftar Tokopedia terlebih dahulu.

4. Langkah selanjutnya, Anda diminta mengisi akun-akun media sosial. Mulai dari Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, dan opsi “Tambah Media Sosial” apabila Anda memiliki akun media sosial lain. Setelah itu klik “Selanjutnya”

5. Setelah itu akan muncul page syarat dan ketentuan. Jika sudah membaca, Anda bisa klik centang “Saya sudah membaca dan setuju dengan syarat dan ketentuan” setelah itu klik “Daftar”

6. Selesai. Anda kini sudah terdaftar menjadi affiliate marketing Tokopedia

Setelah bergabung, kamu bisa mendapatkan komisi bila produk yang kamu promosikan berhasil terjual. Kamu dapat memperoleh komisi hingga 10 persen. kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan komisi kunjungan.

Berikut rincian pembagian komisinya:

  • 10 persen untuk kategori Makanan & Minuman.
  • 8 persen untuk kategori Kecantikan, Fashion, dan Rumah Tangga.
  • 5 persen untuk kategori Kesehatan, Ibu & Bayi.
  • 3 persen untuk kategori Olahraga dan Hobi.
  • 1 persen untuk kategori Handphone, Tablet, Otomotif, dan Elektronik.
  • 2 persen untuk kategori lainya diluar kategori yang telah disebutkan di atas.

Namun demikian, Tokopedia menetapkan nilai komisi maksimal Rp50 ribu untuk setiap kategori per penjualan.

Kapan saya akan menerima komisi?

Komisi akan diterima setelah produk yang kamu rekomendasikan statusnya berhasil terjual dan status transaksinya telah selesai. Umumnya dibutuhkan maksimal dua hari setelah produk terkirim atau setelah pembeli menekan tombol “produk diterima”. Dalam kasus barang atau dana dikembalikan, kami dapat memotong komisi dari pendapatan kamu, tergantung dari alasan pengembalian tersebut. Kami akan memeriksa kasus tersebut sebelum mengambil tindakan dan menghubungi kamu.

Komisi dapat ditarik ke rekening pribadi

Komisi akan masuk ke Saldo Affiliate dan dapat kamu tarik ke rekening pribadi. Pastikan bahwa kamu sudah melalui Proses Review Akun terlebih dahulu sebelum kamu dapat menarik komisi kamu.Untuk penarikan berikutnya, kamu dapat mengakses halaman Saldo Penghasilan Saldo Affiliate dan transfer dana ke rekening bank kamu pada Affiliate Dashboard. Mohon melengkapi informasi bank kamu dan proses verifikasi melalui OTP atau dengan memasukkan PIN Tokopedia kamu.

Syarat dan ketentuan

1. Kamu harus melakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum dapat menarik saldo Affiliate.

2. Dilarang mengunggah konten yang mengandung unsur SARA, tidak pantas, dan/atau pelanggaran hak kekayaan intelektual.

3. Dilarang mempromosikan produk dalam kategori tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada rokok, minuman beralkohol, dan produk-produk lainya yang dilarang dalam Syarat dan Ketentuan Tokopedia Affiliate serta Ketentuan Situs.

4. Dilarang memanipulasi jumlah kunjungan dan pesanan ke link affiliate dengan cara apapun seperti menggunakan robot klik.

5. Tokopedia berhak untuk tidak memberikan, menarik saldo yang sudah ada, atau memberikan sanksi lain apabila Tokopedia mendeteksi adanya indikasi kecurangan dan/atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan Tokopedia Affiliate serta Ketentuan Situs.

Previous Post
Next Post