September 14, 2022

Staff Produksi Pabrik di Rumah Kelor

 

Staff Produksi Pabrik di Rumah Kelor

  1. STAFF PRODUKSI PABRIK
    Link pendaftaran:
    welcome.rumahkelor.com/Lowongan-Pabrik

Persyaratan:

  • Minimal lulusan SMA/SMK
  • Menguasai Ms word & excel
  • Bersedia ditempatkan di desa ngawenombo, kecamatan kunduran

Job description:

  • Membantu proses produksi di pabrik rumah kelor
  • Membuat laporan produksi harian

Penempatan: Pabrik Rumah Kelor, Desa Ngawenombo, Kecamatan Kunduran ,Kab. Blora, Jawa Tengah

Baca Juga Loker Blora Lainnya

Artikel Terkait

Tugas staff produksi sangatlah penting dan memiliki peranan yang sangat besar di dalam sebuah perusahaan. Ini merupakan salah satu posisi sentral yang menunjang kelancaran proses produksi di pabrik atau perusahaan manufaktur lainnya.
1. Mengumpulkan data hasil produksi
Tugas pertama dari seorang staff produksi adalah mengumpulkan data hasil produksi. Tentu saja staff tidak mengumpulkannya sendiri. melainkan secara terorganisir dengan mengandalkan pegawai yang ada di bawah mereka.

Biasanya para staff akan mengumpulkan laporan dari Leader atau Supervisor Produksi. Laporan yang diberikan juga mencapkup banyak hal dari mulai :

target produksi
total hasil produksi
jumlah mesin yang dijalankan
bahan baku yang digunakan
pekerja yang berpartisipasi, dll
Nama laporan ini sendiri berbeda-beda. Ada yang menamainya LPP (Lembar Proses Produksi) ada DR (Daily Report) dan lain-lain.

2. Memproses data
Berkas laporan yang berhasil dikumpulkan kemudian di proses oleh Staff Produksi. Disini staff produksi akan menginput semua data yang berhasil dikumpulkan ke komputer. Cara inputnya tentu saja berbeda-beda. Ada yang menggunakan excel, accelera, dan berbagai jenis software lainnya.

Tidak hanya melakukandata entry atau input saja, Tugas Staff Produksi selanjutnya adalah :
Menghitung efektifitas kerja dari mesin yang dijalankan
Menghitung efektifitas SDM yang bekerja pada mesin
Menghitung konversi bahan baku terhadap hasil produksi dan scrap (sampah) yang muncul setelah produksi dilakukan
Itu dia fase proses data yang wajib dilakukan oleh seorang staff produksi di sebuah perusahaan. Tidak terlalu sulit untuk dipahami bukan?

3. Mengontrol proses produksi serta kesesuaiannya dengan aturan perusahaan
Staff produksi juga memiliki tugas untuk melakukan kontrol penuh terhadap proses produksi yang berlangsung di perusahaan. Tidak cuma terhadap mesin saja, tapi juga terhadap para pekerja yang ada di dalamnya.

Seorang staff harus memastikan kalau para pekerja mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Dari mulai cara kerja, cara berpakaian, etika dan lain-lain harus diperhatikan dengan baik pada fase satu ini.

4. Menyusun Jadwal Kerja Operator
Setelah melihat kebutuhan operasional dan melihat proses produksi secara detail, tugas staff produksi selanjutnya adalah membuat jadwal kerja dari para operator produksi yang ada di perusahaan. Jadwalnya dibuat secara detail dari mulai shift, lembur, dan lain-lain.

5. Membuat laporan harian
Tugas terakhir dari seorang staff produksi adalah membuat laporan kerja harian. laporan ini nantinya akan menjadi dasar evaluasi untuk pekerjaan periode selanjutnya. laporan ini juga yang menjadi hasil kerja dari seorang staff produksi. Biasnaya hasil laporan kerja ini diberikan kepada manager produksi.

Tanggung Jawab Staff Produksi
Dengan mengacu pada tugas-tugasnya di atas, tentu saja ada beberapa tanggung jawab yang wajib diemban oleh seorang staff produksi. Berikut ini tanggung jawabnya tersebut :

Memastikan data hasil produksi terkumpul sesuai waktu yang ditentukan
Memastikan data produksi diproses dengan baik demi efisiensi kerja
Memastikan proses produksi berjalan sesuai aturan perusahaan
Memastikan jadwal kerja operator sesuai dengan kebutuhan perusahaan
Memastikan laporan harian diberikan tepat waktu kepada atasannya

Tanggung jawab staff produksi ini memang terbilang singkat. Namun sebenarnya ada cakupan yang luas di setiap tanggung jawab yang diemban.

Previous Post
Next Post