Agustus 21, 2022

Penjaga Toko di BEEZY AQUATIC

 

LOWONGAN KERJA
Penjaga Toko

Kualifikasi:
  • laki-laki/perempuan usia max 25 tahun
  • domisili cepu
  • menyukai binatang (terutama binatang air)
  • jjur, rajin, ulet, bertanggung jawab
  • sehat jasmani & rohani
  • dapat mengoperasikan android
Persyaratan
  • surat lamaran
  • CV

Wonorejo Lr 7 No 34 Cepu Kab Blora

Baca Juga Loker Blora Lainnya

Artikel Terkait 

Penjaga toko atau pramuniaga adalah seseorang yang melayani pembeli. Bukan hanya menerima pembeli, mereka juga bertanggung jawab untuk menemani, menjawab pertanyaan, hingga mencarikan barang yang dibutuhkan. Mereka adalah kunci kesuksesan hubungan sebuah bisnis atau perusahaan dengan konsumen. Salah satu kualifikasi penting yang harus dimiliki pramuniaga adalah kecakapan dalam menghadapi berbagai situasi. Mereka pun harus bijak dan cerdas saat berurusan dengan pelanggan.

Tugas penjaga toko
Bukan hanya sekadar menjaga atau menyapa pelanggan yang datang, seorang penjaga toko punya tugas dan tanggung jawab yang lebih besar dari itu. Berikut beberapa hal yang termasuk tugasnya.

1. Men-display produk
Apabila bisnis Anda bergerak di sektor jual-beli barang, maka salah satu tugas yang menjadi tanggung jawab pramuniaga adalah men-display atau menata produk di toko. Ia harus memiliki keterampilan untuk memutuskan apakah suatu produk cocok diletakkan di jendela toko, rak, etalase, bagian depan, atau area lainnya. Selain itu, pramuniaga juga harus mengecek display produk tiap kali toko akan buka. Dengan begitu, bukan hanya produk tertata rapi, tapi juga menarik.

2. Memahami tentang stok dan produk
Ketika ada pelanggan datang, sudah pasti mereka akan menanyakan informasi dan ketersediaan barang. Oleh karena itu, pramuniaga harus siap sedia menjawab pertanyaan pelanggan terkait produk. Penjaga toko harus tahu jumlah stok barang yang tersedia di toko dan informasi mengenai produk. Dengan begitu, pramuniaga bisa maksimal dalam menjual produk. Ia pun mungkin harus berhubungan dengan admin gudang atau petugas lain yang bertugas mengurus barang.

3. Memberikan label barang
Banyaknya barang yang ditampilkan di dalam toko terkadang membuat pelanggan bingung berapa harga satuannya. Padahal, informasi terkait harga ini sangat penting bagi para calon pembeli. Bisa juga label harga ini tergeser sehingga berada di produk berbeda. Oleh sebab itu, tugas penjaga toko adalah memastikan setiap barang sudah memiliki label harga dan letaknya sesuai di rak. Pramuniaga harus selalu up-to-date dan mengecek label harga secara berkala.

4. Membersihkan area toko
Pramuniaga juga bertugas untuk memastikan kebersihan area toko. Bukan hanya soal lantai atau dinding, melainkan juga produk dan rak tempat menata barang. Pramuniaga harus membersihkan setiap inci rak dan produk yang di-display. Dengan begitu, produk dan area toko terlihat bersih sehingga sedap dipandang oleh pelanggan yang datang.

5. Mencatat transaksi penjualan
Penjaga toko biasanya merangkap sebagai kasir yang melayani pembayaran dari pembeli. Karenanya, satu tugas yang tak akan pernah luput dari pekerjaan pramuniaga adalah mencatat transaksi penjualan dalam satu satu, seminggu, hingga sebulan. Pastikan Anda memilih pramuniaga yang detail dan jujur sehingga transaksi penjualan bisa sesuai dengan kenyataan.

6. Melayani konsumen
Seperti yang sudah disebutkan tadi, pramuniaga adalah representasi sebuah bisnis kepada masyarakat. Salah satu tugas penting yang diemban oleh pramuniaga adalah melayani konsumen dengan ramah, baik, dan maksimal. Bahkan meski pelanggan hanya berniat melihat-lihat dan belum pasti membeli, pramuniaga harus tetap tersenyum dan ramah. Pastikan konsumen mendapatkan informasi maupun barang yang dibutuhkan.

7. Menawarkan promo yang berlangsung
Selain menjadi representasi sebuah bisnis, pramuniaga adalah ujung tombak penjualan produk Anda. Terlepas dari semua promo, iklan, dan perbaikan produk yang dilakukan, namun jika penjaga toko tidak aktif mempromosikan barang dan promo, maka semua usaha Anda bakal sia-sia. Oleh sebab itu, pramuniaga harus selalu secara aktif menginformasikan sekaligus menawarkan promo barang agar pelanggan tertarik membeli.

Ternyata, tugas penjaga toko tidak hanya sekadar menjaga kasir atau menyapa pelanggan yang datang. Mereka juga harus memastikan kondisi toko, menata barang, menemani pelanggan, hingga mencatat penjualan dan menawarkan promo. Banyaknya tugas pramuniaga ini tentunya menjadi pertimbangan Anda saat memilih orang yang tepat untuk diberikan jabatan tersebut.

Previous Post
Next Post