Agustus 02, 2022

Loker Blora Staff Accounting di Rumah Kelor

 
Staff Accounting

Job Desc:
1. Mencatat Transaksi Harian
2. Menyusun Laporan Keuangan dan Neraca
3. Membuat Penghitungan & Pelaporan Pajak

Syarat
1. Wanita
2. Lulusan SMK/D3/S1 jurusan Akuntansi
3. Memahami prinsip akuntansi
4. Menguasai Sistem Pembukuan dan Journal Entry
5. Memahami sistem perpajakan

link pendaftaran:
https://welcome.rumahkelor.com/Lowongan





Baca Juga Loker Blora Lainnya

Staff accounting adalah salah satu posisi yang paling dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Seorang staff accounting akan bertanggung jawab untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan dengan cara mengelola keuangan dengan tepat. 
Menjadi staff accounting merupakan posisi yang kompleks dengan tugas yang bermacam-macam. Oleh sebab itu, orang yang ingin mengisi posisi ini haruslah mengerti apa saja tugas dan keahlian yang dimiliki.
 
1. Membuat Pembukuan Keuangan Kantor
Tugas seorang staff accounting adalah membuat pembukuan keuangan kantor. Untuk membuat pembukuan sendiri ada berbagai formatnya, namun biasanya perusahaan sudah menyiapkan standar pembukuan laporan akuntansi lengkap dengan kebutuhan perusahaan.
 
2. Melakukan Posting Jurnal Operasional
Tugas accounting selanjutnya adalah melakukan posting jurnal. Posting jurnal adalah melakukan pencatatan segala aktivitas pengeluaran dan pemasukan dari kegiatan operasional perusahaan, setelah itu memasukannya kedalam buku besar akuntansi perusahaan. Buku besar sendiri adalah kumpulan data dan rekapitulasi laporan akuntansi yang dimiliki perusahaan. 
Melakukan posting jurnal sendiri bisa menggunakan Microsoft Excel atau Accurate. 
 
3.  Membuat Pembukuan dari Transaksi Keuangan Perusahaan
Staff accounting tugasnya juga membuat pembukuan dari transaksi perusahaan yang telah terjadi. Segala bentuk pengeluaran ini harus tercatat dengan tepat. Hal ini agar dapat mendukung pembuatan pembukuan. Seluruh pencatatan transaksi perusahaan ini juga harus dibuat dengan mengacu kepada standar pelaporan akuntansi perusahaan.
 
4. Membuat Laporan Keuangan
Ini adalah tugas utama staff accounting. Laporan keuangan ini berisi data rekapitulasi keuangan perusahaan yang sudah ditandatangani dan akan diserahkan langsung kepada pimpinan. Biasanya pimpinan memang tidak melakukan pengecekan secara langsung namun melalui laporan keuangan yang kamu buat. 
Setiap perusahaan juga sudah punya format akuntansi tersendiri untuk membuat laporan keuangan ini.  
 
5. Melakukan Filling Dokumen ke Dalam Sistem Perusahaan
Proses filling dokumen atau data entry ke dalam juga menjadi tugas staff accounting untuk keperluan keuangan perusahaan. 
Nantinya staff accounting kerjanya akan memasukan dokumen ke dalam sistem yang telah disediakan oleh perusahaan. Pekerjaan ini mungkin terlihat sederhana, tapi jangan salah saat melakukan filling dokumen. Kamu juga harus benar-benar teliti dan hati-hati agar data yang kamu masukan akurat dan tepat. 
Untuk mendukung pekerjaan ini biasanya memerlukan beberapa dokumen pendukung seperti data jurnal akuntansi, yang di dalamnya terdapat transaksi keuangan perusahaan, atau mungkin juga memerlukan jurnal operasional.
 
6. Melakukan Verifikasi Kelengkapan Dokumen Keuangan Perusahaan
Pekerjaan staff accounting juga melakukan verifikasi terhadap kelengkapan dokumen keuangan. Verifikasi kelengkapan dokumen ini meliputi berbagai kegiatan pengecekan terhadap dokumen kuitansi dan faktur serta invoice ataupun nota. 
memastikan seluruh dokumen-dokumen tersebut lengkap kemudian accounting perlu menyimpannya dengan rapi. Jangan sampai ada dokumen yang hilang, karena dokumen tersebut adalah bukti pengeluaran yang sah yang akan tertuang dalam laporan keuangan perusahaan. 
 
7. Menyusun Laporan Mengenai Perpajakan Perusahaan
Staff accounting adalah orang yang bertanggung jawab membuat laporan mengenai perpajakan perusahaan. Pembuatan atau penyusunan laporan mengenai perpajakan ini meliputi penghitungan keseluruhan pajak, misalnya pajak penghasilan yang dikenakan pada setiap pegawai.
 
8. Melakukan Rekonsiliasi dan Penyesuaian Data
Seorang staff accounting tugasnya juga melakukan rekonsiliasi dan penyesuaian data finansial terkait dengan pengeluaran perusahaan yang mengacu kepada buku kas, buku bank, atau buku rekening. Tidak sampai di situ saja, dalam pembuatannya kamu juga bisa mengacu pada aktiva tetap perusahaan dan transaksi keuangan lainnya yang dilakukan perusahaan.
 
9. Melakukan Perhitungan Gaji Karyawan Perusahaan
Terkadang staff accounting perlu mengetahui dengan secara lebih jelas dan rinci mengenai gaji dari tiap karyawan di perusahaan, karena di beberapa perusahaan, staff accounting harus melakukan perhitungan gaji karyawan secara detail. Perhitungannya biasanya meliputi gaji pokok, uang lembur, bonus serta hal lainnya seperti pajak. 
 
10. Melakukan Surat Menyurat
Melakukan surat menyurat di sini maksudnya, staff accounting akan melakukan komunikasi dengan pihak internal dan eksternal yang ada hubungannya dengan hal perbankan ataupun juga keuangan perusahaan.
 
 

 


Previous Post
Next Post