Agustus 02, 2022

Loker Blora Sales di Mitra Loka

 


Loker sales
  1. usia maksimal 35 tahun pria/wanita
  2. jujur, tanggung jawab, rajin
  3. berpengalaman diutamakan
  4. bisa bekerja dalam target
  5. sudah vaksin 2x
  6. bersedia menjalani training

Baca Juga Loker Blora Lainnya

Sales adalah salah satu istilah yang digunakan untuk bisa menggambarkan kegiatan penjualan pada barang ataupun jasa. Umumnya, setiap perusahaan memang mempunyai tim sales yang diberikan tanggung jawab dalam hal penjualan.

Terdapat tiga unsur utama yang melatarbelakangi performa dan juga tanggung jawab dari tim sales.

Pertama adalah area penjualan, tim sales akan bergerak setelah mereka mampu memetakan area penjualannya, sehingga mereka akan mengetahui kemana mereka harus menjual produk barang atau jasa perusahaannya.

Kedua, produk barang atau jasa yang dijual. Dengan memahami secara mendalam pada produk barang atau jasa yang dijual, maka tim penjualan akan mengetahui strategi pemasaran yang nantinya akan diterapkan.

Ketiga, target pelanggan. Setelah tim sales sudah mengetahui area penjualan dan pengetahuan tentang barang atau jasa yang akan dijual, maka tim sales akan mengetahui target pelanggan seperti apa yang nantinya akan mereka buru. Target pelanggan ini juga nantinya menjadi salah satu kunci keberhasilan proses penjualan.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa sales dan marketing adalah dua entitas yang hampir mirip dan memiliki arti yang berbeda. Walaupun keduanya sama-sama melakukan penjualan, namun proses yang dilakukan oleh keduanya jelas berbeda.

 

Istilah-Istilah Umum dalam Sales

Dalam dunia bisnis, sales atau penjualan umumnya akan terkait dengan kepemilikan barang atau hak pada suatu produk barang atau jasa. Pada akhirnya, konsep tersebut akan melahirkan beberapa istilah yang harus Anda ketahui. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh istilah sales yang sering digunakan.

1. Salesperson

Pekerjaan utama seorang salesperson adalah melakukan penjualan produk barang atau jasa pada pihak pembeli. Mereka akan menggunakan berbagai teknik penjualan untuk mengetahui barang apa yang akan mereka beli. Dalam hal ini, mereka akan menyarankan suatu produk atau layanan yang sesuai dengan keperluannya.

Dalam beberapa kondisi, Salesperson juga melakukan tugasnya agar pihak pembeli bisa terus menggunakan produk mereka. Tapi dalam kondisi lain, mereka juga harus mampu mendatangkan pembeli baru

Jadi, tanggung jawab utama dan target pembeli dari seorang Salesperson tergantung dari kondisi, situasi, dan keperluan dari perusahaan.

2. Prospek

Jika kita perhatikan bersama berdasarkan asal katanya, prospek adalah suatu klien atau organisasi yang memiliki potensi menyerupai pelanggan ideal. Tapi dalam dunia penjualan dan bisnis, prospek juga termasuk pada mereka yang belum mempunyai minat pada produk, barang , ataupun layanan yang akan dijual.

Istilah prospek tersebut juga merujuk pada cara yang digunakan oleh seorang Salesperson dalam melakukan pendekatan dengan pelanggan.

Bila mereka berhasil melakukan prospek dengan pelanggannya, maka mereka bisa mulai ke langkah selanjutnya, yakni deal.

3. Deal

Deal adalah suatu kesepakatan yang terjadi antar pihak pembeli dan penjual suatu produk barang atau jasa. Di dalam transaksinya, deal memiliki beberapa tingkatan.

Tingkatan tersebut tentunya berbeda-beda tergantung dari bisnis dan juga industri yang dijalankan oleh setiap perusahaan. Salesperson juga berhak untuk menyusun rencana deal sesuai dengan kebutuhan dan kondisi. Tujuan utamanya adalah agar penjualan bisa dilakukan sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh target yang ingin dilakukan.

4. Sales Pipeline

Sales pipeline adalah berbagai langkah dalam suatu proses penjualan produk barang atau jasa. Pipeline adalah suatu gambaran nyata dari berbagai proses penjualan.

Salah satu pipeline yang masih banyak dijadikan sebagai acuan adalah diagram rencana pada sebuah tim penjualan. Diagram tersebut pada umumnya menggambarkan tahapan-tahapan yang harus dilewati, mulai dari menilai prospek, bertemu dengan prospek, menawarkan barang atau jasa, sampai pada akhirnya terjadi proses transaksi ataupun deal.

5. Sales Plan

Sales plan menyangkut gambaran jangka panjang dari suatu tujuan, strategi, dan juga objektif dari suatu tim penjualan pada sebuah perusahaan.

Didalamnya banyak terdapat detail terkait target pelanggan, kondisi pasar, target pendapatan, harga, dll. Selain itu, terdapat juga taktik dan teknik untuk mencapai suatu target pada waktu yang telah ditetapkan.

 


Previous Post
Next Post