Agustus 14, 2022

Kitchen Crew di JENSUD

 JENSUD
WE ARE HIRING
Kitchen Crew

  • pria/wanita
  • maksimal umur 25 th
  • jujur, disilin dan sopan
  • sia bekerja dan cekatan
  • mampu berkomunikasi dengan baik
  • minimal lulusann SMA/SMK

Persyaratan

  • surat lamaran kerja
  • daftar riwayat hidup
  • foto copy KTP 1 lembar
  • pas foto 4×6 1 lembar

Benefit

  • gaji UMR Blora
  • makan 1x dalam sehari

Jl Puntodewo 5 no 31 Bangkle, Blora

Baca Juga Loker Blora Lainnya

Artikel Terkait

Kitchen crew adalah orang yang bekerja pada sebuah industri makanan seperti restoran, bar, hotel, atau perusahaan katering, yang bertugas menyiapkan makanan sesuai dengan standar resep untuk setiap menu, menangani semua aktivitas yang terjadi di dapur serta menjaga kebersihan dapur dan peralatannya.
Deskripsi pekerjaan kitchen crew
Berikut ini beberapa deskripsi kerja dari seorang kitchen crew.

1. Menyiapkan dan memastikan bahan makanan tetap tersedia untuk proses pembuatan makanan
Ketersediaan bahan makanan yang memadai, segar dan berkualitas menjadi sesuatu yang sangat penting dalam sebuah industry makanan. Disinilah peran kitchen crew sangat diperlukan. Dengan berkoordinasi dengan chef sebagai perancang menu masakan, maka kitchen crew bisa mengkomunikasi kebutuhan dapur dengan staff pembelian untuk menyediakan bahan bahan makanan sesuai dengan kebutuhannya.

Tidak hanya itu, kitchen crew juga bertanggung jawab untuk menyeleksi barang bahan makanan dari supplier dan memastikannya sesuai dengan standar kualitas yang ditentukan. Kemudian kitchen crew juga harus menaruh bahan-bahan makanan tadi pada tempat penyimpanan yang seharusnya agar kualitas bahan makanan tetap terjaga, dan siap digunakan pada saat diperlukan.

Mengingat bahan makanan segar yang mempunyai masa simpan yang terbatas, maka kitchen crew harus dengan cermat menentukan jenis bahan makanan, jumlah dan daya tahannya di penyimpanan agar bahan makanan tidak menjadi rusak. Jumlah stok bahan makanan yang terlalu banyak dapat mengakibatkan bahan makanan terbuang karena rusak atau kualitasnya yang sudah tidak segar lagi, sebaliknya jumlah stok yang terlalu mepet dapat mengakibatkan kelancaran proses memasak menjadi terganggu.

2. Mengolah dan memasak makanan
Proses memasak makanan tidak bisa hanya dilakukan oleh satu orang, banyak aktivitas lain dimana kitchen crew harus ikut berperan dalam proses memasak makanan. Kegiatan seperti memotong, membersihkan sayuran, mengiris daging, dan mempersiapkan bumbu, semuanya itu menjadi tanggung jawab kitchen crew.

Karena tugasnya inilah, seorang kitchen crew setidaknya harus mempunyai latar belakang dalam hal masak memasak walaupun tidak perlu seahli chef. Dengan intruksi chef, seorang kitchen crew harus mampu menangani proses-proses pembuatan makanan di dapur, bahkan sampai proses plating, sebelum kemudian disajikan kepada konsumen. Semakin istimewa sebuah menu makanan, semakin banyak pula proses yang harus ditempuh untuk membuat makanan tersebut, dan semakin unik pula cara penyajiannya.

3. Memastikan peralatan dapur berada pada tempatnya dan berfungsi dengan baik
Kitchen crew juga bertanggung jawab terhadap peralatan peralatan masak di dapurnya. Dari perlengkapan makan seperti piring, gelas, sendok, garpu, semuanya harus dalam keadaan bersih dan tersusun dengan baik di tempatnya. Peralatan masak seperti panci, pisau, penggorengan dan lainnya pun juga harus tersusun dengan baik. Demikian juga dengan kompor, oven, tempat penyimpanan bahan makanan dan lainnya. Pendek kata, kitchen crew harus memastikan semua peralatan yang berada di dapurnya bekerja berfungsi lancar dan tertata dengan baik.

Meskipun nampaknya sepele, tetapi hal ini merupakan sesuatu yang penting. Dapur yang berantakan dan acak-acakan akan membuat dapur terkesan kotor dan proses pembuatan makanan tidak berjalan dengan baik. Begitu juga jika peralatan masak yang tidak berfungsi akan tentu akan sangat mengganggu, terlebih banyak jenis makanan yang memerlukan pemasakan dengan akurasi waktu yang tinggi.

4. Menjaga kebersihan dapur
Selanjutnya, yang menjadi tanggung jawab seorang kitchen crew adalah menjaga kebersihan dapur. Kebersihan menjadi faktor penting dalam industri makanan, sehingga peran kitchen crew sangat diperlukan disini.

Mulai sejak bahan makanan diterima dan disimpan di dapur, proses pembuatan makanan dan proses penyajian makanan semua harus berjalan dengan sangat memperhatikan faktor kebersihan. Ha- hal seperti pakaian, sarung tangan dan penutup kepala setiap orang yang bekerja di dapur menjadi sesuatu yang tidak boleh disepelekan. 

Tidak hanya itu, kitchen crew juga harus menjaga agar dapur kembali bersih setelah proses pembuatan makanan selesai. Peralatan makan, perlengkapan masak dan peralatan lainnya harus kembali dalam keadaan bersih setelah semuanya selesai. Dapur yang dibiarkan kotor akan berpotensi mengundang banyak binatang seperti tikus yang akan bersarang dan mamakan sisa sisa makanan yang berceceran.

Standar kebersihan menjadi sesuatu yang multak diperlukan agar menjaga dapur tetap bersih hingga semua proses berakhir. Sehingga dapur kembali menjadi bersih dan tertata untuk digunakan pada keesokan harinya. Untuk menunjang hal ini, tentunya seorang kitchen crew juga dituntut mengetahui bahan-bahan kimia pembersih yang efektif dan aman digunakan di dapurnya.

Selain empat tugas tersebut, kitchen crew juga diharapkan agar tetap menjalin koordinasi dengan rekan kerjanya, serta memperhatikan intruksi kitchen head atau chef dan pihak lain yang berhubungan dengan tugasnya. Pembuatan check list menjadi sesuatu yang sangat membantu seorang kitchen crew untuk memastikan semuanya berjalan sesuai dengan prosedur. Mulai dari check list kebersihan, check list stok bahan makanan, hingga check list alat makan dan perlengkapan memasak.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah keselamatan kerja di dapur. Aktivitas yang berhubungan dengan api, listrik, dan gas tentunya harus sangat memperhatikan keselamatan kerja. Kitchen crew harus memastikan tersedianya alat pemadam api yang cukup jika sewaktu waktu diperlukan. Alat pendeteksi kebocoran gas juga perlu diperhatikan untuk menantisipasi kemungkinan terjadinya kebocoran gas yang bisa memicu kebakaran di dapur.
Kemampuan memasak
Seorang kitchen crew dituntut mempunyai kemampuan memasak dan mampu belajar dan mengembangkan teknik memasaknya selama bekerja. Ini tentunya lebih sulit ketimbang seseorang yang menjadi waitress.

Tanggung jawab yang besar
Sesuai job deskripsinya, kitchen crew mempunyai tanggung jawab yang jauh lebih besar dan menjadi inti dalam sebuah industri makanan. 

Kemampuan adaptasi

Setiap usaha makanan mempunyai menu dan standar dapur yang berbeda-beda. Hal ini menuntut kemampuan seorang kitchen crew untuk beradaptasi dan belajar dengan cepat sesuai dengan keadaan tempatnya bekerja. Ini tentunya sangat berbeda dengan seorang waiter yang cara kerjanya relative tidak berbeda.

Previous Post
Next Post