April 05, 2023

8 Affiliate Program Terbaik untuk Raih Penghasilan Tambahan

8 Affiliate Program Terbaik untuk Raih Penghasilan Tambahan Toko-toko online muncul dan semua ingin bersaing untuk menjadi yang nomor satu, banyak strategi pemasaran yang diterapkan untuk memenangkan persaingan antar toko online lain, strategi pemasaran yang dilakukan adalah salah satunya seperti membuka program afiliasi. Dengan program afiliasi terbukti dapat membantu pemilik usaha toko online untuk dapat menjual banyak barang daganganya

Cara kerja dari program afiliasi ini adalah ketika pengunjung secara online melakukan klik link afiliasi Anda, pengunjung diarahkan ke situs web pengiklan dan jika pelanggan atau pengunjung melakukan pembelian, maka Anda yang mengikuti program afiliasi tersebut akan mendapatkan komisi dibayar, umumnya Anda mendapatkan komisi beberapa persen dari total barang yang dibeli, misal 10% dari total harga barang yang dibeli.

Tanpa berlama-lama, berikut 8 program afiliasi yang Anda bisa coba:

1. Bukalapak

Program affiliate marketing Indonesia yang harus masuk dalam list Anda adalah afiliasi Bukalapak. Bukalapak affiliate program ini ditujukan bagi blogger, website review, dan situs lainnya. Bukalapak sendiri merupakan salah satu ecommerce yang menjual berbagai macam produk.

Cara kerja Bukalapak Affiliate Program cukup simple. Para afiliator Bukalapak harus mendaftar lebih dulu dan melakukan verifikasi. Jika sudah, Bukalapak akan memberikan link afiliasi Anda. Link inilah yang dipakai untuk promosi sekaligus media pengecekan berapa banyak transaksi sukses.

Bagi para afiliator, Bukalapak akan memberikan berbagai fitur untuk afiliasi yang cukup lengkap. Mulai dari dynamic banner, link generator, sampai product search box yang bisa Anda pasang di website Anda sendiri.

Komisi program affiliate marketing Indonesia Bukalapak memakai skema cost per sale (CPS). Artinya, komisi didapat berdasarkan setiap konsumen yang berhasil membeli produk dari link Anda.

2. Tiket.com


Anda punya website atau blog dengan niche pariwisata atau entertainment? Anda bisa join program afiliasi indonesia Tiket.com. Tentu Anda sudah tahu Tiket.com ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Peluang inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan dari affiliate marketing Indonesia Tiket.com. Program ini cocok untuk Anda yang memiliki bisnis di industri travel.

Cara kerja program afiliasi ini terbilang mudah. Para affiliate marketing Indonesia hanya perlu melayani penjualan tiket pesawat, booking hotel, dan sebagainya.

Untuk bergabung affiliate marketing Indonesia Tiket.com, Anda bisa lebih dulu mendaftar. Setelah itu, Tiket.com akan menawarkan API (Application Programming Interface) yang bisa Anda gunakan di situs Anda. API tersebut terhubung dan melayani penjualan tiket pesawat, kereta api, hingga voucher hotel, yang disediakan oleh Tiket.com.

Seberapa cepat Anda bisa mulai untung? Tentu saja, sejak ada transaksi yang dilakukan via API tersebut.

Oh ya, komisi yang Anda dapat berbeda-beda tergantung dari apa yang pengguna pesan. Misalnya, jika yang dipesan adalah tiket pesawat, maka Anda akan mendapat komisi Rp.10.000/kursi. Sedangkan untuk persentase komisi pada pemesanan booking hotel terbilang jauh lebih besar, yakni berkisar antara 40% hingga 60%.

3. Zalora


Selanjutnya ada program afiliasi Indonesia di ZALORA. Salah satu ecommerce terbesar di Indonesia ini menawarkan produk fashion. Nah, program afiliasi ini cocok diikuti untuk website dengan niche fashion atau lifestyle.

Cara kerja affiliate program ini tidak jauh berbeda dengan afiliasi ecommerce lainnya. Anda akan menampilkan iklan ZALORA, lalu saat ada customer yang membeli produk melalui iklan yang Anda tampilkan, Anda akan mendapat komisi dari penjualan tersebut.

Oh ya, Anda tak perlu khawatir soal materi promosinya. ZALORA akan memberikan materi iklan untuk Anda. Materi tersebut berupa banner, voucher, onsite deals, deeplink, dan product feed. Anda bisa memilih salah satu atau semuanya untuk dapat disisipkan di situs milik Anda.

Bagi Anda yang memiliki website atau blog dan ingin mendaftar salah satu program afiliasi terbaik ini, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mendaftar di situsnya dan isi data yang diperlukan.

Berapa komisi yang ditawarkan affiliate marketing Indonesia ZALORA? Menariknya, ZALORA memberikan komisi sebesar 6% bagi pelanggan baru. Sementara untuk pelanggan lama, komisi yang ditetapkan hanya 4% saja.

4. Shopee


Shopee memiliki salah satu program afiliasi Indonesia yang begitu populer. Shopee adalah ecommerce yang menawarkan berbagai macam produk. Anda bisa ikut mempromosikan produk-produk di sana dengan daftar program afiliasinya.

Affiliates Program ini menawarkan penghasilan tambahan untuk content creators. Caranya dengan mempromosikan produk-produk Shopee di media sosial, seperti YouTube, Instagram, Facebook, TikTok, dan Blog website.

Setelah mendaftar program afiliasi ini, Anda akan mendapatkan custom link afiliasi yang nantinya bisa Anda sebarkan. Entah melalui description box di YouTube, bio atau swipe up link Instagram, postingan Facebook, thread Twitter, floating text, bio, caption TikTok, artikel blog, dan lain sebagainya.

Berapa keuntungan yang akan Anda dapatkan? Nah, keuntungan atau komisi akan dihitung dari harga produk yang terjual dari Shopee Mall, Star+ & Star. Besaran komisi bisa sampai 10% untuk setiap transaksi.

5. Agoda


Jika Anda mencari program affiliate marketing Indonesia yang besar, maka Agoda adalah jawabannya. Agoda adalah platform booking online tiket pesawat, hotel, apartemen, dan lain sebagainya.

Nah, Anda bisa mengikuti program afiliasi Agoda ini dengan melayani penjualan produk-produk Agoda di website Anda. Sebagai bahan promosi, Agoda akan memberikan tautan/link teks yang terhubung ke halaman inventarisnya.

Selain itu, Anda juga bisa langsung membuat menu transaksi dengan tool yang akan menampilkan penawaran hotel terbaru. Bahkan tool ini juga dapat melakukan pencarian hotel langsung dari website Anda. Jadi Anda tidak perlu repot-repot membuat bahan promosinya lagi.

Berapa komisi yang ditawarkan oleh Agoda? Saat ini Agoda menawarkan komisi hingga 60%. Tapi, persentase akan berbeda-beda tergantung produk apa yang Anda berhasil jual. Program afiliasi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki bisnis travel.

6. Lazada


Lazada adalah salah satu ecommerce yang menyediakan beragam barang mulai dari fashion, elektronik, alat olahraga, perlengkapan otomotif, dan sebagainya.

Anda bisa mengikuti program afiliasi Lazada dengan mempromosikan barang-barang yang ada menggunakan tool marketing yang telah disediakan. Seperti banner, tautan, kode script, dan lain sebagainya. Semua tool marketing ini bisa Anda terapkan di website atau sosial media lainnya.

Menariknya, saat Anda menjadi affiliate marketer Lazada, Anda akan diberi laporan real time terkait penjualan yang Anda hasilkan.

Untuk komisi yang diberikan yaitu 10% untuk setiap transaksi. Lumayan banget kan jika Anda berhasil menjual sampai ratusan produk perhari.

7. Tokopedia


Program affiliate marketing Tokopedia adalah program promosi produk-produk yang ada di Tokopedia dengan cara membagikan link yang telah dibuat di dalam platform dan kamu akan mendapatkan sampai dengan 10% komisi maksimal Rp50.000 untuk setiap produk yang terjual dari link produk dan link halaman Toko yang kamu bagikan. Jika ada yang mengunjungi link produk dan halaman Toko yang tersebut, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan komisi kunjungan.

Saat ini, program affiliate Tokopedia hanya bisa mempromosikan produk-produk yang berasal dari tokop power merchant, power merchant pro, dan official store.

8. Blibli


Program pemasaran afiliasi yang di tujukan kepada setiap orang untuk menjadi affiliate partner atau sebagai seorang affiliator untuk memasarkan produk yang ada di Blibli.com dan bertujuan mendapatkan komisi penghasilan.

Komisi penghasilan nantinya akan di dapatkan oleh affiliate partner setelah mereka menjalani tugas memasarkan produk dan berhasil mendapatkan jumlah klik dari pelanggan yang akan membeli produk di Blibli.com.
Sistem komisi pada program Blibli.com menerapkan prinsip cost per sale (CPS) pada setiap platform atau digital inventory yang di miliki Blibli.

Adapun untuk melakukan bisnis afiliasi sendiri Anda tidak memerlukan atau membutuhkan modal untuk melakukan pendaftaran sebagai affiliate partner di Blibli.

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Bisnis Afiliasi
Sama seperti menjalankan bisnis pada umumnya, setiap bisnis membutuhkan perencanaan atau business plan yang matang dan baik.

Agar mendapatkan kesuksesan, Anda patut mengetahui beberapa hal yang mesti dipersiapkan terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia bisnis afliasi.

1. Punya Media Promosi
Langkah pertama yang mesti Anda penuhi adalah menyediakan media promosi.
Sistem bisnis affiliate marketing bekerja dengan cara Anda memberikan promosi atau memasarkan produk yang terdapat di Blibli secara luas.

Media promosi yang dapat Anda persiapkan untuk mendatangkan pembeli dapat Anda coba seperti media sosial.
Atau media lain seperti Youtube, Blog, Website, dan tempat lainnya sesuai dengan ketentuan dari Blibli.

2. Kuasai Informasi Produk
Hal yang mesti Anda persiapkan berikutnya adalah pengetahuan tentang produk yang Anda tawarkan.
Selain Anda dapat mempelajari produk apa yang paling Anda sukai, kemudian produk yang paling Anda kenali dapat menjadi potensi keberhasilan pemasaran produk.

Hal ini merupakan hal yang vital sebab Anda tidak boleh melakukan kesalahan seperti salah mencantumkan informasi produk yang akan berdampak kepada minat dari pembelian produk tersebut.
Pelajari dengan baik produk yang akan Anda tawarkan agar klien dapat mempercayai Anda.

3. Keterampilan Promosi
Dengan menjalankan bisnis affiliate marketing Blibli, Anda mulai terjun untuk melakukan promosi kepada audience Anda.

Pemasaran yang di lakukan juga tidak hanya sekadar menawarkan barang yang mereka butuhkan kemudian memasukkan kode referral ID Anda begitu saja.
Untuk mendatangkan pembeli, Anda mesti melakukan strategi pemasaran yang tepat, seperti menyediakan konten gambar, konten video yang tentu menarik dan berhubungan dengan produk di Blibli.

terbaik untuk terbaik untuk terbaik untuk terbaik untuk terbaik untuk terbaik untuk terbaik untuk terbaik untuk terbaik untuk terbaik untuk terbaik untuk
Previous Post
Next Post