Februari 18, 2023

Simak, Ini Perbedaan Program Digital Talent Scholarship (DTS)

FRESH GRADUATE ACADEMY
Program Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA DTS) merupakan program pelatihan peningkatan kompetensi bidang TIK yang bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan yang belum atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0 agar dapat bersaing baik di industri dalam maupun luar negeri.
Bekerjasama dengan mitra global technology companies ternama, mitra edukasi teknologi lokal dan Perguruan Tinggi dalam pemenuhan kebutuhan talenta digital.

PROFESSIONAL ACADEMY

Professional Academy (PROA) merupakan salah satu akademi dari Digital Talent Scholarship tahun 2023 yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas tenaga kerja terampil di bidang TIK yang sesuai dengan kebutuhan industri.
Program PROA konsisten meningkatkan serta mempersiapkan alih kompetensi SDM Indonesia dengan cara memberikan pelatihan secara daring kepada masyarakat yang sedang bekerja agar tercipta tenaga kerja Indonesia yang lebih adaptif dan produktif.
PROA Juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas daya saing SDM di bidang TIK. Peserta PROA akan belajar secara mandiri secara daring. Peserta mengatur waktu belajar secara mandiri sesuai dengan durasi waktu yang telah ditentukan.

GOVERNMENT TRANSFORMATION ACADEMY
Program pengembangan SDM yang bertujuan meningkatkan kompetensi ASN, TNI, dan Polri untuk mendukung akselerasi transformasi digital di K/L/D, TNI, dan Polri.
Skema pelatihan dirancang untuk tingkat intermediate skill dan advance skill yang menyasar ke para pengambil keputusan.

VOCATIONAL SCHOOL GRADUATE ACADEMY
Program Vocational School Graduate Academy merupakan program pelatihan dan sertifikasi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) yang bertujuan untuk mempersiapkan para angkatan kerja muda lulusan pendidikan vokasi seperti SMK/Sederajat serta D-III dan D-IV di bidang Science, Technology, Engineering, dan Math (STEM) yang belum/tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional dan dapat bersaing di industri dalam maupun luar negeri.

DIGITAL ENTREPRENEUR ACADEMY
Digital Entrepreneurship Academy merupakan beasiswa pelatihan yang ditujukan untuk masyarakat umum calon pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta pelaku usaha UMKM yang ingin naik kelas dalam hal pemanfaatan teknologi digital untuk dapat meningkatkan usahanya.
Program DEA memiliki tujuan untuk mendorong peningkatan keterampilan digital mulai dari dasar hingga menengah bagi calon pelaku usaha UMKM dan pelaku usaha UMKM.

DIGITAL LEADERSHIP ACADEMY
Digital Leadership Academy adalah program Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dirancang untuk membantu kepemimpinan profesional memahami, mengevaluasi, dan mengimplementasikan teknologi digital dan strategi untuk meningkatkan kepemimpinan mereka di era digital.
Program ini mencakup topik-topik seperti Kebijakan dan Regulasi Internet, Inovasi kepemimpinan di Era Digital, Ekonomi Digital, Privasi dan Keamanan Data, dan banyak lagi.

TALENT SCOUTING ACADEMY
Program Talent Scouting Academy (TSA) adalah rangkaian program pengembangan kompetensi bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi mahasiswa aktif yang sejalan dengan Program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. TSA memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar di luar kampus melalui pelatihan yang diselenggarakan secara daring/luring yang meliputi pelatihan technical skills yang berorientasi pada project.
Tidak hanya pelatihan, TSA juga menawarkan kesempatan uji kompetensi/sertifikasi global bagi mahasiswa yang memenuhi kriteria tertentu.

THEMATIC ACADEMY
Merupakan bagian dari Program Digital Talent Scholarship Kominfo yang ditujukan spesifik pada kalangan tertentu atau sektor tertentu, dimana silabusnya disesuaikan dengan kebutuhan target peserta.
Menyasar kalangan masyarakat yang belum menjadi target dari 7 akademi lainnya di DTS Bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan digital dasar masyarakat dalam rangka mempercepat transformasi digital Indonesial

Previous Post
Next Post