Januari 26, 2023

Freelancer, Pilihan Jadi Profesional Tanpa Ikatan

Jadi freelancer alias pekerja lepas kini menjadi salah satu pilihan dalam berkarir. Opsi sebagai freelancer kian diminati banyak orang dari berbagai bidang karena dapat bekerja secara fleksibel tanpa harus terikat pada perusahaan. Apa sih definisi pekerja lepas, kemampuan yang perlu dimiliki, serta potensi besar di masa depan? Serta bagaimana testimoni pekerja lepas yang enjoy dalam pilihan ini?

Freelancer adalah orang yang bekerja untuk dirinya sendiri, umumnya bekerja dalam jangka pendek. Seorang freelancer tidak perlu datang ke kantor, sehingga dapat bekerja di manapun atau secara remote working.

Dalam hal cara mendapatkan pekerjaan, seorang freelancer cukup fleksibel, baik dari memilih tipe klien, lingkup pekerjaan, hingga besaran gaji yang diinginkan. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk menjadi freelancer.

Kemampuan yang perlu dimiliki oleh Freelancer

Selain kemampuan mengenai suatu bidang pekerjaan secara mumpuni, seorang freelancer juga harus memiliki kemampuan tambahan lain untuk melancarkan proses mendapatkan klien.

Promosi atau Pemasaran
Agar jasa Anda diketahui banyak orang, maka upaya mempromosikannya sangat penting. Ingat, ketika menjadi freelancer, maka anda harus siap bersaing dengan freelancer lainnya dalam mendapatkan satu project. Untuk itu, seorang pekerja lepas harus mampu mempromosikan diri semaksimal mungkin agar dilirik klien.

Komunikasi
Komunikasi adalah kunci utama dalam pekerjaan apapun, termasuk freelancer. Saat menjadi seorang freelancer, anda Akan berkomunikasi langsung dengan klien dari awal hingga akhir project. Pastikan untuk selalu mengkomunikasikan setiap detail proses pekerjaan agar tidak ada miskomunikasi, sekaligus membangun kepercayaan untuk pekerjaan selanjutnya.

Membangun Relasi
Dengan membangun relasi, Anda bisa berpeluang lebih besar mendapatkan suatu project atau pekerjaan. Jalinlah relasi yang baik dengan koneksi di sekitar, karena ini akan membuat seorang freelancer lebih dikenal, sehingga mereka bisa merekomendasikan jasa atau kemampuan Anda pada calon user lainnya.

Mengatur waktu
Setelah menyelesaikan satu project, maka akan ada banyak peluang project baru yang didapatkan. Oleh karena itu, penting untuk mengatur waktu dalam menjalani peran sebagai freelancer.

Bagaimana potensi pekerjaan Freelancer ke depannya?

Menurut data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah angkatan kerja di Indonesia pada Februari 2022 mencapai 144 juta orang, dengan setidaknya jumlah freelancer mencapai 34 juta orang atau setara 24% dari total angkatan kerja. Pandemi Covid-19 yang diiringi banyaknya pemangkasan pekerja sektor formal, menjadi penyebab utama kenaikan drastis jumlah freelancer.

Hingga akhir 2022 ini, terdapat banyak platform yang memudahkan freelancer untuk mendapatkan pekerjaan. Umumnya, sejumlah perusahaan besar merekrut pekerja lepas melalui platform tersebut, sehingga setiap individu memiliki peluang sama untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Penelitian School of Business University of Brighton dilansir bisnis.com menyebutkan bahwa 97% freelancer lebih bahagia dibandingkan pekerja kantoran. Berdasarkan penelitian ini, terlihat bahwa fleksibilitas waktu dan tempat kerja dapat bermakna positif, sehingga memberikan kebebasan dan kebahagiaan dalam bekerja.

Fenomena freelancer juga memberikan dampak positif terhadap kegiatan ekonomi, karena mampu membuka lapangan kerja. Selain itu, para freelancer dapat lebih produktif dan memiliki peluang besar untuk bekerja secara multinasional.

Bekerja sebagai freelancer membuat setiap individu mengembangkan diri lebih jauh dan menambah relasi kerja. Hal ini berdampak positif terhadap kualitas seorang pekerja, sehingga dapat meningkatkan pemasukan ke depannya.

Cara memulai karir sebagai Freelancer

Sekilas terlihat mudah dan fleksibel, namun menjadi freelancer tidak bisa dianggap remeh. Anda perlu memahami dan memiliki kemampuan yang relevan sebelum memulainya.

Pelajari Hardskill
Apabila anda memiliki satu bidang tertentu dengan potensi besar sebagai freelancer, persiapkanlah kemampuan yang berkaitan. Anda dapat mempelajari dan mendalaminya dengan mengikuti pelatihan atau kursus.

Saat ini, terdapat banyak pilihan untuk mempelajari hardskill secara online. Dengan begitu, anda akan lebih mudah dan praktis dalam belajar.

Mulai Membangun Personal Branding
Sebagai individu yang menjual jasa, freelancer harus memiliki personal branding yang baik agar banyak orang tahu tentang jasa anda. Media sosial menjadi platform yang paling sering digunakan untuk mempromosikan profesi freelancer.

Mengumpulkan Portofolio Pekerjaan
Dengan memiliki kumpulan portofolio, dapat memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan. Karena itu, sebelum memulai pekerjaan freelancer, pastikan Anda memiliki portofolio apapun yang telah dikerjakan. Ini akan menjadi bukti nyata kemampuan yang Anda miliki di suatu bidang.

Anda bisa mengunggah portofolio hasil pekerjaan melalui Instagram, Facebook, hingga LinkedIn. Dengan begitu, calon klien dan orang di sekitar Anda bisa mengetahui reputasi atas jasa yang ditawarkan secara lebih luas.

Sebelum memulai karir sebagai freelancer, pastikan Anda memiliki hardskill yang sesuai dengan bidang pekerjaan. Program Kartu Prakerja dapat memfasilitasi siapapun yang ingin menggali potensi diri melalui pelatihan. Anda dapat memilih dan mengikuti berbagai macam pelatihan yang terdapat di dalam ekosistem Kartu Prakerja sesuai kebutuhan. Setelah lulus pelatihan, Anda pun lebih siap memulai karir sebagai freelancer.

Previous Post
Next Post