September 19, 2022

Tips Mendapatkan Pekerjaan Tanpa Gelar Sarjana

Jika Anda dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu, beberapa perusahaan cenderung mengabaikan gelar sarjana. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan selama proses pencarian kerja untuk mendapatkan pekerjaan bagus dengan bayaran lumayan tanpa gelar sarjana.

Tapi, sebelum melamar pekerjaan tersebut, perhatikan baik-baik deskripsi dari pekerjaan tersebut. Kemudian tanyakan pada diri Anda pertanyaan, “Bisakah saya melakukan pekerjaan itu?” Jika Anda memiliki sebagian besar keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu, tetapi hanya kurang memiliki gelar yang dibutuhkan, lakukanlah.

Namun, jika Anda tidak memiliki gelar yang dibutuhkan dan juga keterampilan dan pengalaman kerja yang dibutuhkan, Anda mungkin tidak perlu melamar. Tidak ada gunanya membuang-buang waktu dan energi untuk melamar pekerjaan yang tidak tepat untuk Anda. Di samping itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan beberapa hal guna meningkatkan kualifikasi Anda seperti:

1. Mengambil Kursus Pelatihan Bersertifikat

Meskipun Anda tidak bisa mendapatkan gelar sarjana empat tahun, Anda dapat mengambil langkah-langkah kecil untuk meningkatkan kualifikasi Anda seperti:

-Pertimbangkan untuk mengambil kursus untuk kemudian dapat Anda masukkan di bagian pendidikan di resume Anda.

-Anda juga dapat menyelesaikan program sertifikat yang terkait dengan pekerjaan itu dan memasukkannya ke dalam resume Anda. Banyak program sertifikat memiliki jadwal yang fleksibel, dan beberapa bahkan online.

Semua hal ini akan menunjukkan kepada pmanajer perekrutan bahwa, meskipun Anda tidak memiliki gelar sarjana, Anda sedang berusaha mengembangkan latar belakang akademis yang kuat.

Apa pun yang Anda lakukan, jangan berbohong. Jangan katakan Anda memiliki gelar sarjana jika Anda hanya menyelesaikan sebagian dari studi Anda. Perusahaan akan memeriksa latar belakang Anda selama proses perekrutan, dan jika Anda berbohong, mereka dapat membatalkan tawaran atau bahkan memecat Anda.

2. Membuka Bisnis Sendiri Sesuai Keterampilan atau Hubungkan Keterampilan Anda ke Daftar Pekerjaan

Jika Anda tidak memiliki persyaratan pendidikan, pastikan untuk menunjukkan bahwa Anda sangat cocok untuk pekerjaan itu dengan segala cara. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menghubungkan keterampilan dan pengalaman Anda dengan jobdesc dan membuka bisnis secara mandiri sesuai dengan keterampilan yang sudah anda dapatkan.

3. Memperluas Jaringan

Jaringan adalah cara yang baik untuk mendapatkan wawancara saat Anda melamar pekerjaan dan tidak memiliki gelar yang dibutuhkan. Saat Anda melamar, hubungi siapa pun yang Anda kenal di perusahaan tersebut. Beri tahu mereka bahwa Anda melamar pekerjaan, dan lihat apakah mereka bersedia menulis rekomendasi untuk Anda, atau memberi tahu manajer perekrutan tentang Anda. Dalam surat lamaran Anda, sebutkan bahwa Anda berbicara dengan orang tersebut tentang pekerjaan yang Anda lamar.

Previous Post
Next Post