Header Ads Widget

Pramusaji di BAMBOE SANJAYA

 

BAMBOE SANJAYA

Membuka lowongan kerja

  • Perempuan Posisi Pramusaji

Jl blora-randublatung km 7

Baca Juga Loker Blora Lainnya

Artikel Terkait

Fungsi Pramusaji

1. Sebagai pemandu selera. Pramusaji menuntun tamu untuk mendapatkan kembali selera makannya. Karena kadang kala ada tamu yang bingung akan makanan dan minuman yang akan dipesannya.maka dalam hal ini,tugas pramusajilah yang menawarkannya.

2. Sebagai penyaji hidangan Pramusaji dituntut untuk melayani penyajian makanan dan minuman kepada para tamu,sesuai dengan standarisasi yang dimiliki oleh hotel itu sendiri. Yang dapat membuat tamu merasa puas dan nyaman terhadap pelayanan itu.

3. Sebagai duta perusahaan. Pramusaji dalam hal ini mewakili perusahaan untuk menerima, melayani dan memberikan perhatiannya kepada para tamu yang datang. Reputasi perusahaan sangat didukung oleh pramusaji yang telah memiliki sikap dan kepribadian yang baik sehingga secara keseluruhan pramusaji merupakan duta dari perusahaan itu.

4. Sebagai seorang wiraniaga Pramusaji selalu menjaga kekayaan perusahaan, efisien dan efektif. pramusaji juga harus bisa memperhatikan pelangga nnya dan mendatangkan langganan baru bagi perusahaan itu.

Apa saja persyaratan menjadi pramusaji?

Setelah mengetahui tugas-tugas pramusaji lalu apa saja yang kamu butuhkan untuk memenuhi tugas-tugas tersebut dengan baik? Di bawah ini kamu akan menemukan apa saja yang kamu butuhkan agar diterima sebagai pramusaji, mulai dari keterampilan, sertifikasi, serta program pendidikan yang bisa kamu ambil.

Pelayanan pelanggan (customer service)

Sebagai orang yang berhadapan langsung dengan pelanggan, pramusaji dituntut untuk memiliki keterampilan untuk melayani pelanggan. Keterampilan ini meliputi bagaimana cara kamu membantu pelanggan saat kebingungan atau memenuhi keinginan pelanggan.

Komunikasi

Pramusaji juga harus memiliki keterampilan komunikatif untuk melengkapi kemampuan penting yakni melayani pelanggan. Kemampuan komunikasi meliputi cara merespon komplain pelanggan, menjawab pertanyaan pelanggan, dan lain-lain. Keterampilan ini tidak hanya dibutuhkan untuk berhubungan dengan pelanggan, namun juga untuk sesama pegawai.

Bersikap sabar dan ramah

Pramusaji akan dihadapkan oleh pelanggan yang memiliki bermacam-macam karakter. Pramusaji harus dapat mengontrol emosinya agar pelanggan tetap merasa dihargai dan senang akan pengalaman mereka menjadi tamu di restoran tersebut.

Pengelolaan waktu

Mengelola waktu dibutuhkan untuk mengatur jadwal dan prioritas dari tugas-tugas yang sedang kamu kerjakan. Pramusaji juga harus bisa memprioritaskan yang lebih mendesak. Tidak jarang juga, pramusaji dipertemukan dengan situasi yang mengharuskan mereka multitasking. Dengan begitu, semua kewajiban akan terselesaikan dengan baik.

Ketahanan fisik

Dengan tugas yang cukup banyak, pramusaji membutuhkan ketahanan fisik yang kuat. Tidak jarang juga, pramusaji harus mengerjakan dua tugas dalam waktu bersamaan sehingga harus gesit bergerak. Selain itu, untuk memuaskan pelanggan, kamu dituntut dapat bekerja dengan cepat dan efektif.

Kemampuan berkolaborasi

Bekerja sama dalam sebuah tim adalah kegiatan utama dalam profesi ini ketika terjun ke dalam jenjang karier pramusaji. Hal ini menjadikan keberhasilan tim pramusaji sebagai keberhasilanmu juga. Maka dari itu, upayakan untuk dapat berkolaborasi dengan mudah.

Kemampuan berbahasa yang baik

Berbahasa sangat penting jika ingin bekerja di bidang pelayanan. Berbicara dengan lancar dan tidak terbata-bata adalah kemampuan yang baik untuk dimiliki seorang pramusaji sebab dapat membantu melancarkan komunikasi antara pramusaji dan pelanggan. Memiliki kemampuan berbahasa asing juga penting terlebih jika kamu bekerja di kota-kota pariwisata seperti Denpasar dan Lombok.

Ketelitian

Memperhatikan detail-detail kecil juga dibutuhkan bagi pekerja industri makanan termasuk dalam penyajian makanan nya. Sebagai pramusaji, kamu harus mengingat pesanan pelanggan yang tidak jarang ingin menambah sesuatu.