Agustus 03, 2022

LABORAN TEKNIK PERMINYAKAN di SMK MIGAS CEPU


LABORAN TEKNIK PERMINYAKAN
2 Orang (laki-laki/perempuan)
minimal D3 Perminyakan

kualifikasi:
  • Surat lamaran kerja ditulis tangan
  • fotocopy KTP (2 lembar)
  • daftar riwayat hidup / CV
  • fotocopy ijazah terakhir
  • surat pengalaman kerja (jika ada)
  • fotocopy kartu keluarga (KK)
  • pas foto 3x4: 2 lembar dan 4x6: 2 lembar
  • SKCK dari kepolisian setempat yang masih berlaku
  • usia maksimal 30 tahun
  • sehar jasmani, rohani, berkelakuan baik
  • bebas narkoba, dan tidak bertato
  • mampu mengoperasikan Ms. Office

silahkan kirimkan lamaran paling lambat 19 agustus 2022 ke:
SMK MIGAS CEPU KAMPUS 1
Jalan Diponegoro No 53, Cepu (58312)

Pelaksanaan Tes:
selasa, 23 agustus 2022
09.00
SMK Migas Kampus 1 Cepu


Salah satu jurusan yang dianggap memiliki prospek kerja menjanjikan adalah Jurusan Teknik Perminyakan. Pada jurusan ini kamu akan diajarkan tentang ilmu eksploitasi dan eksplorasi sumber daya alam.

Fokus kajian keilmuan Jurusan Teknik Perminyakan adalah pada tambang minyak bumi, panas bumi, dan gas alam. Hal tersebut tidak terlalu jauh berbeda dengan kajian Jurusan Teknik Pertambangan yakni seputar pengeboran, eksplorasi, dan distribusi.

Perbedaan kedua jurusan tersebut adalah pada objeknya. Jurusan Teknik Pertambangan mengkaji tentang penambangan benda padat seperti batu bara, emas, nikel, aspal, dan lain-lain, sementara Jurusan Teknik Perminyakan mengkaji tentang tentang penambangan benda cair (fluida) dan gas.

 

Prospek Kerja

Lulusan atau ahli di bidang ini sangat banyak dicari. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan perminyakan ataupun pertambangan yang membutuhkan ahli dalam bidang perminyakan. Gaji yang ditawarkan juga tidak main-main, sehingga prospek dari pekerjaan ini memang sangat bagus.

Selain memiliki lapangan pekerjaan yang cukup luas, jenjang karier pada teknik perminyakan juga luas. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali universitas internasional terbaik di luar negeri yang akan menerima kamu jika ingin mendalami lebih dalam lagi terkait ilmu migas. Maka untuk kamu yang bercita-cita menjadi dosen atau para ahli, maka kesempatan akan terbuka lebar.

Apakah benar bahwa prospek kerja lulusan teknik perminyakan ini hanya sebatas tentang perusahaan minyak saja? Tentu salah, karena bertolak belakang dengan tanggapan tersebut. Lalu mencakup apa saja? Mulai dari asuransi dan perbankan, bidang akademis, entrepreneur, bahkan bidang pemerintahan dapat juga jadi lingkungan yang sesuai.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena lulusan teknik perminyakan mempunyai softskill dan hardskill yang baik pula, terutama pada kemampuan analisis. Contoh saja ketika bekerja terkait asuransi dan perbankan, maka mereka dipercaya untuk jadi analis tentang adanya risiko pada klaim atau kredit yang biasa diajukan pada kegiatan eksploitasi migas (underwriter). Selain itu, jika kamu sudah lulus juga sangat memungkinkan memulai usaha sendiri.

Jadi, sangat salah apabila lulusan perminyakan ini hanya terpusat pada bidang perminyakan saja, karena sebenarnya ada banyak bidang lain yang bisa digeluti oleh lulusan perminyakan. 

 

Previous Post
Next Post