Agustus 31, 2022

HOUSE KEEPING di PENGINAPAN PURI NABILA

 Penginapan Puri Nabila
Lowongan Kerja sebagai HOUSE KEEPING

Syarat:

  • laki-laki
  • belum menikah
  • jujur & pekerja keras
  • bersedia tinggal di mess
  • mahir elektro (nilai plus)

Administrasi:

  • fotokopi KTP
  • lamarn kerja

Fasilitas:

  • makan(full)
  • mess

Kirim berkas lamaran ke:
PENGINAPAN PURI NABILA
Jl. Nusantara No.3, Blora

(Jam : 18.30 – 20.00 Langsung Interview)

Baca Juga Loker Blora Lainnya

Artikel Terkait 

Pengertian lainnya, housekeeping merupakan sebuah departemen operasional di dalam sebuah hotel. Dimana tanggung jawabnya adalah menjaga kebersihan, perawatan, keindahan ruangan-ruangan, area publik, area belakang dan sekitarnya.

Salah satu bagian atau lingkup pekerjaan yang sering terdengar salah satunya adalah housekeeping. Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan housekeeping itu? Housekeeping adalah manajemen tanggung jawab dalam mengurus pekerjaan rumah tangga. Seperti memasak makanan, membersihkan, merawat bangunan, berbelanja dan mengurus pembayaran tagihan.

Jadi bisa dikatakan housekeeping merupakan hampir keseluruhan dari pelayanan hotel atau penginapan tersebut. Baik itu di hotel berbintang, motel, wisma, guest house, hingga apartemen. Bukan hanya petugas room service atau petugas kebersihan saja.

Pelayanan penginapan mengharuskan adanya keramahan, daya tarik dan pelayanan yang baik bagi tamu. Termasuk juga kebersihan dan pemeliharaan baik di dalam setiap kamarnya maupun di area umum. Nah, departemen housekeeping tidak hanya membahas persiapan dan pelayanan tamu tetapi juga termasuk membersihkan dan memelihara setiap sudut hotel. Sehingga semua tamu yang menginap merasa nyaman.

Ruang lingkupnya yang luas membuat departemen ini memiliki anggota dan komponen yang paling banyak dibandingkan departemen lainnya. Tugas yang paling penting adalah membersihkan kamar bekas inap tamu dan menyiapkannya untuk ditinggali oleh tamu berikutnya. Bagian ini harus berkomunikasi dengan baik dengan tim resepsionis hotel. Jangan sampai status kamar tidak ter-update sehingga tamu malah diberikan kamar yang belum selesai dirapikan.

Bagian housekeeping juga harus berkoordinasi dengan bagian maintenance and engineering. Siapa tahu saat membersihkan kamar mereka menemukan kerusakan pada perlengkapan dan alat elektronik di dalam kamar. AC, pemanas portable, TV dan sistem kunci elektronik. Atau jika terjadi kerusakan pada peralatan milik hotel seperti mesin cuci, lampu. Koordinasi ini tidak hanya dilakukan secara manual. Zaman sekarang aplikasi dan software perhotelan sudah dapat mengintegrasikan komunikasi dan koordinasi antar bagian secara otomatis.

Bagian housekeeping juga disebut sebagai ‘wajah suatu penginapan’. Karena kualitas layanan kamar serta fasilitas hotel lainnya merupakan tanggung jawab mereka. Selain juga departemen ini menjadi pendukung kinerja departemen lainnya. Sebegitu luas dan kompleksnya tugas dan wewenang departemen ini. Mereka berhubungan langsung dengan para tamu, misalnya saat membersihkan kamar, mengambil atau mengantarkan laundry. Mereka juga berhubungan langsung dengan sesama karyawan hotel.

Previous Post
Next Post