Agustus 28, 2022

Barista & Cashier di PIJAG KOPI


JOIN AS EMPLOYEE
PIJAG KOPI

We're looking for
Full Time Barista
Syarat & Kualifikasi:
  • Pria max 25 tahun
  • Berpendidikan Minimal SMA/SMK/Sederajat
  • Berpenampilan menarik
  • Berkepribadian baik
  • Semangat tinggi, jujur & tertarik pada dunia kopi
  • Disiplin, berkomitmen dan bertanggung jawab
Kirimkan CV langsung ke Coffeshop
Lokasi Jl. Hayam Wuruk Depan Radio M9, Cepu


JOIN AS EMPLOYEE
PIJAG KOPI

We're looking for
Full Time Cashier
Syarat & Kualifikasi:
  • Wanita max 25 tahun
  • Berpendidikan Minimal SMA/SMK/Sederajat
  • Berpenampilan menarik
  • Berkepribadian baik
  • Semangat tinggi, jujur & akurat dalam menghitung
  • Disiplin, berkomitmen dan bertanggung jawab
Kirimkan CV langsung ke Coffeshop
Lokasi Jl. Hayam Wuruk Depan Radio M9, Cepu

Barista adalah orang yang membuat minuman kopi berbasis espresso. Barista biasanya dipekerjakan oleh kedai kopi secara khusus. Dan, ini mungkin adalah pengertian barista yang dikenal oleh masyarakat umum di seluruh dunia secara luas. Untuk menjadi seorang barista, Anda harus belajar bagaimana membuat berbagai jenis minuman kopi. Anda mungkin juga perlu sedikit skill artistik.

Sebagian besar kedai kopi khusus menyajikan minuman kopi berdasarkan espresso. Espresso bukanlah biji kopi atau jenis panggang tertentu (yang berarti bagaimana biji tersebut dimasak). Sebaliknya, espresso adalah cara khusus untuk menyeduh kopi.

Meskipun istilah barista secara teknis mengacu pada seseorang yang telah terlatih secara profesional dalam menyiapkan espresso, istilah ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan siapa pun yang memiliki keterampilan yang baik dalam membuat minuman espresso seperti latte dan cappuccino.

Deskripsi Tugas Seorang Barista

Umumnya, barista yang bekerja di kedai kopi atau kafe yang mengoperasikan mesin espresso komersial (bukan mesin espresso rumahan). Meskipun pekerjaan mereka mungkin terdengar sederhana, mesin espresso komersial memiliki tingkat kesulitan yang beragam.

Beberapa di antaranya manual dan membutuhkan keterampilan, pelatihan, dan kemampuan yang luar biasa untuk beradaptasi dengan nuansa setiap bets kopi, kondisi cuaca hari itu, preferensi peminum, dan faktor lainnya. Karena barista mengerjakan mesin yang lebih detail, mereka harus mempelajari langkah-langkah rumit dalam menyiapkan espresso.

Selain membuat espresso, barista juga umumnya membuat busa, buih, dan susu uap untuk campuran berbagai macam minuman berbasis espresso dan menyiapkan minuman kopi, seperti French press coffee, pour over coffee, dan drip coffee.

Adalah tugas barista untuk mengetahui perbedaan antara minuman seperti misalnya, Cortado, yang dibuat dengan bagian yang sama dari susu kukus padat dengan espresso, dan Flat White, yang merupakan bagian yang setara dengan susu dan espresso kukus dan bertekstur.

Terakhir, bagi banyak barista, layanan pelanggan adalah bagian penting dari pekerjaan mereka. Mereka menyajikan minuman yang telah mereka siapkan kepada pelanggan dan banyak orang berinteraksi langsung dengan barista.

Di kedai kopi yang lebih besar, barista mungkin bekerja di belakang layar dan tidak berinteraksi dengan pelanggan, tetapi di toko-toko yang lebih kecil barista juga bertanggungjawab terhadap servis pelanggan.

Kasir adalah orang yang bertugas untuk melayani pembayaran yang dilakukan konsumen dan memasukkan uang ke dalam mesin kasir. Pembayaran ini bisa dalam bentuk pembayaran berupa uang tunai dan non-tunai.

Kalau kamu mengira bahwa pekerjaan sebagai kasir adalah pekerjaan yang gampang dan ringan, kamu salah. Profesi ini sangat penting dalam sebuah bisnis, karena tugas kasir yang berhubungan langsung dengan konsumen. Artinya setiap konsumen yang membeli produk harus melakukan pembayaran di kasir.
Interaksi dengan konsumen inilah yang merupakan bagian terpenting. Baik atau buruknya pelayanan yang diberikan oleh seorang kasir dapat berpengaruh pada pengalaman bertransaksi konsumen. 

Tugas Kasir 
Tadi sudah sempat disinggung beberapa tugas kasir secara umum. Agar lebih jelas, berikut beberapa tugas kasir secara lebih spesifik.
Menjalankan proses penjualan dan pembayaran
Melakukan pencatatan atas semua transaksi
Memberikan informasi mengenai suatu produk kepada konsumen
Melakukan proses transaksi pelayanan jual beli serta melakukan proses packing produk
Melakukan pengecekan atas jumlah barang pada saat penerimaan barang
Melakukan pencatatan kas fisik serta melakukan pelaporan kepada atasan.
Melakukan pengecekan atas stok bulanan
Kewajiban Khusus Kasir

Previous Post
Next Post